RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama : Tria Asri Nur Sabani
Nim : 12001227
Kelas : PAI-4F
Mata kuliah : Magang 1

LAPORAN BACAAN - MG2 

A. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada hari tersebut. Rpp berisi pengaturan yang berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi tentang apa yg akan dilakukan pada saat kegiatan belajar berlangsung, kemungkinan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yg telah di rencanakan ataupun tidak karena proses pembelajaran bersifat situasional, apabila perencanaan disusun secara matang maka proses dan hasil pembelajaran tidak akan jauh dari perkiraan. 

B. Hakikat RPP
     Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang standar proses, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar. 
       Menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yg di wujudkan dalam kegiatan penyusunan RPP. Dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. 
        Menurut panduan teknis penyusunan RPP di sekolah dasar, RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD). 
        Setiap pendidikan wajib menyusun RPP secara lengkap, dan sistematis, agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien , memotivasi, siswa, untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik setara psikologis siswa. 
       Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pembelajaran dengan maksud agar RPP tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pembangunan RPP dapat dilakukan oleh guru baik secara individu ataupun kelompok dalam kelompok kerja guru (KKG) di gugus sekolah, dibawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. 

C. Prinsip Perkembangan RPP
     Ada beberapa prinsip dalam setiap perkembangan RPP, seperti berikut :
1. RPP merupakan terjemahan dari kurikulum yang berdasarkan silabus yang telah di kembangkan pada tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran. 
2. RPP dikembangkan sesuai dengan yang di nyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar. 
3. RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik.
4. Rpp sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik yang mandiri dan tak berhenti belajar. 
5. RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis. 
6. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan. 
7. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedial, dan umpan balik. 
8. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. 
9. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegritasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

C. Komponen dan Sistematika RPP
     Menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang implementasi kurikulum pedoman Pembelajaran, RPP paling sedikit Memuat : 
a. Tujuan pembelajaran
b. Materi pembelajaran
c. Metode pembelajaran
d. Sumber Belajar
e. Penilaian

D. Langkah-langkah Mengembangkan RPP
     RPP tematik adalah rencana pembelajaran tematik terpadu yang di kembangkan, secara rinci dari suatu tema. Langkah - langkah pengembangan RPP tematik adalah : 
1. Mengkaji silabus tematik
2. Mengidentifikasi materi pembelajaran
3. Menentukan tujuan
4. Mengembangkan kegiatan pembelajaran
5. Penjabaran jenis penilaian
6. Menentukan alokasi waktu 7. Menentukan sumber belajar. 

E. Menyusun RPP yang baik dan benar.
     Cara menyusun RPP yang baik dan benar : 
1. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
2. RPP yang baik itu jelas, siapapun yang mengajarkan akan bisa membaca dan melakukan karena di dalamnya dipaparkan tahap demi tahap (Proses)
3. RPP menggambarkan prosedur, struktur organisasi pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang di tetapkan dalam standar isi & dijabarkan dalam silabus. 
4. Susunan indikator dalam RPP guru melibatkan 3 aspek (kognitif, afektif, psikomotorik) tetapi tidak harus semua. 
5. Tujuan pembelajaran wajib memuat ABCD atau lebih jelasnya audience, behaviour, condition, dan degree. Maksudnya, dalam tujuan pembelajaran harus terdapat peserta didik (audience), tingkah laku belajar (behaviour), kondisi belajar (condition), dan tingkat keberhasilan (degree).
Selain itu dalam tujuan juga terkandung karakter kepribadian bangsa misalnya jujur, nasionalis, kerja keras maupun keterampilan sosial misalnya keterampilan berpendapat dalam diskusi, keterampilan bertanya dan sebagainya. 
6. Ciri - ciri indikator yang kreatif dalam menyusun RPP adalah berorientasi pada produk yang akan dibuat oleh siswa. Misalnya siswa membuat jurnal umum serta banyak lagi jenis penugasan yang kreatif dan memaksa siswa mempraktekkan berpikir tingkat tinggi. 
7. RPP berisi kegiatan - kegiatan yang terstruktur, jika tidak kemungkinan besar kelas akan berantakan.
8. Langsung mengajar tanpa RPP boleh saja asal sangat pendidikan sudah mengerti dan mendokumentasikan skenario pembelajaran 1 tahun. 
9. Standar khusus RPP, ada langkah - langkah awal, inti, akhir, serta disertakan jenis penilaiannya.
10. Penilaian diupayakan memuat penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Komentar