Postingan

Bahan Ajar

Nama : Tria Asri Nur Sabani Nim : 12001227 Kelas : PAI - 4F Mata Kuliah : Magang 1 - Laporan Baca A. Pengertian Bahan Ajar       Bahan ajar merupakan salah satu bagian penting yang dapat menunjang suatu pembelajaran. Bahan ajar digunakan oleh guru dan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tanpa adanya bahan ajar, pembelajaran yang dilakukan akan terhambat dan kurang terarah serta tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan optimal.        Bahan ajar dapat dikatakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Hal ini dijelaskan oleh Depdiknas (2008, hlm. 6) bahwa bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar. Menurut Abdul Majid (2012, hlm. 173) bahan ajar adalah segala bentuk bahan baik tertulis maupun tidak tertulis yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.           E. Kosasih (2010, hlm. 7) juga berpendapat bahwa bahan ajar adalah satuan kegiatan belajar yang terencana da...

MANAJEMEN KELAS

Nama : Tria Asri Nur Sabani Nim : 12001227 Kelas : PAI-4F Mata Kuliah : Magang-1 (Laporan Baca) Manajemen Kelas              Menurut wikipedia,manajemen kelas merupakan kegiatan-kegiatan yang diupayakan oleh seorang guru untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal.Kegiatan ini merupakan suatu usaha yang sengaja dilakukan oleh guru supaya pembelajaran dapat berjalan efektif sehingga memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin dan membentuk perilaku berbudaya.            Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar ang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Dengan kata lain manjemen kelas merupakan usaha secara sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis.          Manajemen kela...

Manajemen Sekolah

Nama : Tria Asri Nur Sabani Nim : 12001227 Kelas : 4F-PAI Mata Kuliah : Magang - 1                 Laporan Baca "Manajemen Pendidikan"         Pada pertemuan ini yang berkaitan dengan Manajemen Sekolah. Nah, Sebelum kita membahas lebih jauh apa itu Manajemen Sekolah kita akan membahas dulu Apa itu Manajemen dan Apa itu Sekolah? Kata manajemen itu artinya pengelolaan, Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau sering kita singkat dengan KBBI, pengertian manajemen adalah mengatur, merencanakan, mengelola sumber daya untuk mencapai suatu tujuan. Selain manajemen juga ada sekolah, sekolah sering kita dengar nah sekolah itu sendiri adalah suatu lembaga untuk kita belajar dan mengajar serta juga tempat untuk kita menerima ilmu pengetahuan.          Dengan demikian manajemen adalah kemampuan atau keterampilan yang dimiliki seorang atau bersama dengan orang lain sering kita sebut dengan kelompok untuk mencapai ...

KOMPETENSI GURU

Nama : Tria Asri Nur Sabani Nim : 12001227 Kelas : PAI-4F Laporan Baca Mingguan Empat Kompetensi Guru Profesional Teacher’s competency atau kompetensi guru merupakan kemampuan seorang guru untuk melakukan tugas dan kewajibannya dengan layak dan bertanggung jawab. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 pasal 35 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa standar nasional pendidikan terdiri dari isi, standar proses, standar pengelolaan, standar penilaian pendidikan, dan standar pembiayaan harus ditingkatkan secara berkala dan berencana.  Dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, menyebutkan bahwa seorang guru adalah pendidik profesional yang tugas utamanya adalah mendidik, membimbing, mengajar, menilai, melatih, dan mengevaluasi peserta didik mulai dari pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan formal. Guru sebagai learning agent (agen pembelajaran) yaitu guru berperan sebagai fasili...

Kultur Sekolah

Nama : Tria Asri Nur Sabani Nim : 12001227 Kelas : PAI-4F Laporan bacaan  Pada hasil laporan bacaan sebelumnya mengenai kultur sekolah dan kinerja peserta didik, saya menuliskan bahwa misi umum suatu pendidikan pada dasarnya adalah untuk menjadikan mansuia sebagai manusia terdidik, berpengetahuan, dan berilmu. Namun tak hanya itu pendidikan suatu karakter dari peserta didik juga harus diperhatikan, dan pendidikan karakter ini dapat di implementasikan melalui kultur sekolah. Pendidikan seharusnya tidak hanya sekedar mencetak seseorang yang berpengetahuan luas, melainkan juga memunculkan sikap dan karakter yang baik dalam kehidupan bermsayarakat, bebangsa, dan bernegara. Pendidikan karakter sendiri merupakan gerakan nasional dimana pendidikan ini ada untuk menciptakan sekolah yang membina generasi muda yang beretika, bertanggung jawab, dan peduli. Dan salah satu lingkup pendidikan karakter yang sangat mendukung implementasi kemajuan pendidikan karakter yakni adalah kultur sekolah. Di...

Karakteristik Peserta Didik

Nama : Tria Asri Nur Sabani Kelas : 4F - PAI Nim : 12001227 Makul : MAGANG 1 ( Laporan Bacaan-Karakteristik Peserta Didik ) A. Pengertian Karakteristik   Karakteristik berasal dari kata karakter yaitu sifat-sifat kejiwaan, ahlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lain, tabiat, watak, berubah menjadi karakteristik. Sedangkan menurut kamusBahasa Indonesia bahwa karakteristik adalah mempunyai sifat khassesuai dengan perwatakan tertentu. Karakteristik siswa merupakan mencerminkan pola kelakuan dankemampuan hasil dari pembawaan dan lingkungan sosial sehinggamenentukan pola dari kegiatan aktivitas. Karakteristik peserta didik di artikan sebagai ciri dari kualitas seorang peserta didik yang ada pada umumnya yang meliputi kemampuan akademik, usia dan tingkat kedewasaan, motivasi terhadap mata pelajaran, pengalaman, keterampilan, psikomotorik, kemampuan kerjasama serta kemampuan sosial. Suatu proses belajar mengajar akan berlangsung secara efktif atau tidak, sangat dit...

SILABUS

Nama : Tria Asri Nur Sabani Nim : 12001227 Kelas : 4F-PAI Mata kuliah : Magang 1 - laporan baca_Mg-3 A. Pengertian silabus      Pengertian silabus menurut para ahli:   a.) Kunandar           Menurut Kunandar (2011), silabus merupakan rencana pembelajaran yang dk buat berdasarkan standar kompetensi, materi pokok pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian, kompetensi penilaian, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, penilaian, dan alokasi waktu.     b.) Yulaewati          Menurut Yulaelawati mendefinisikan silabus sebagai rancangan yang digunakan untuk mengatur pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Dimana silabus dibuat secara tersusun dan memuat komponen tertentu agar mencapai penguasaan kompetensi dasar        Itulah beberapa pengertian silabus menurut ahli. Kesimpulannya bahwa silabus merupakan sarana untuk membuat rancangan pembelajaran. Guna mengatur dan memperlancar laju p...